Pages

Tuesday, July 24, 2018

Komponen Undercarriage



Komponen Undercarriage  atau Kerangka Bawah pada alat berat memiliki beberapa macam komponen.  Pada umumnya unit alat berat terutama yang berjenis track/crawler berdasarkan struktur chasisnya dibagi menjadi 2 yaitu upper sama lower sedangkan sisi yang di namakan kerangka bawah/undercarriage adalah sisi lower, berikut adalah komponen-komponen pada undercarriage :

1. Oval Undercarriage

2. Elevated

3. Track Frame

4. Track Roller

5. Front Idler  & Track Adjuster

6. Sprocket

7. Link

8. Track Show

9. Equalizing Beam

Berikutnya akan kita bahas satu persatu masing-masing bagian dari komponen kerangka bawah atau undercarriage ini.

1. Oval Undercarriage

Oval undercarriage didesain untuk digunakan sebagai standar
konfigurasi untuk semua unit yang memiliki track, di mana sprocket penggerak berada dibagian belakang unit dan idler berada dibagian depan unit, terdapat satu atau dua carrier roller pada bagian atas dan serangkaian track roller pada bagian bawah untuk mendukung unit.

2. Elevated

Komponen ini merupakan pengembangan dari tipe unit Type
Track Tractor untuk menjaga performance unit, di mana elevated sprocket track di disain agar dapat mengisolasi komponen final drive dari guncangan dan material-material. Selain itu, desain elevated sprocket track memperbaiki keseimbangan unit dan traksi
serta memberikan fleksibilitas maksimum untuk mounting track
roller frame.

Elevated sprocket memiliki front roller frame dan rear roller
frame pada masing-masing sisi. Pivot shaft menghubungkan frame roller belakang sebelah kanan dan roller frame belakang sebelah kiri, pivot shaft berfungsi mentransfer goncangan yang berasal dari ground langsung ke main frame dibandingkan ke komponen powertrain, roller frame dapat berosilasi pada pivot shaft Equalizer bar menghubungkan roller frames depan sebelah kanan dan roller
frames depan sebelah kiri dan dipin pada bagian tengah unit, agar equalizer bar dapat berputar pada center pin joint, equalizer bar mengontrol sudut derajat yang dibuat oleh roller frame ketika berosilasi di pivot shaft. Front roller frame meluncur masuk kedalam roller frame belakang, sebuah recoil spring menjamin dari kekencangan track.

Pada unit track tractor besar seperti halnya Caterpillar D8 ke atas, Elevated sprocketnya dilengkapi dengan suspended undercarriage, komponen ini memberikan kontak lebih banyak 15% terhadap ground, hal ini disebabkan adanya 4 buah major bogies dan 4 buah minor bogies dapat berosilasi pada roller frame, ini menyebabkan track dapat bergerak dengan lebih baik pada saat berjalan dipermukaaan tanah yang rata.

3. Track Frame

Komponen Track Frame merupakan tulang punggung dari Undercarriage, baik yang tipe oval maupun elevated track frame sebagai tempat kedudukan komponen - komponen undercarriage ada track roller, carrierroller, sprocket, idler, trackshoe, tracklink dan lain sebagainya. 

Track frame merupakan gabungan baja yang dibentuk menyerupai
pnstruksi box yang saling menyilang dan dirakit dengan plat baja yang dilas. Track frame khusus didesain mampu melawan beban kejut selama operasi berat atau ringan dari kondisi kerja unit. Pada setiap unit terdapat 2 buah track frame yang dipasang pada sisi kiri dan kanan dari crawler tractor.

4. Track Roller

Komponen tersebut berfungsi sebagai pembagi berat dozer
ke track dan tanah. Berdasarkan letaknya, track roller ada 2 yaitu:
track rooler (posisi di bawah frame) dan carrier roller (di atas
frame). Sedang dari kontruksinya juga di bagi 2 single flange dan
double flange (flange adalah sisi penahan dari tracklink agar tidak lepas).

Pada track roller ada komponen istilah bogie type yaitu komponen ini bisa bekerja lebih flexible terhadap permukaan tanah/batu yang dilewatinya. Komponen ini ditopang 4 buah major bogie
berporos pada pin cartridge sealed and lubricated. 

Major boggies pada masing-masing bagian depan dan belakang mendukung idler
dan minor bogie, masing-masing 2 buah major bogie pada bagian
tengah roller frame mendukung minor bogie, dan masing - masing
minor bogie mendukung 2 track roller. Minor bogie juga berporos
pada pin catridge lubricated and sealed. Idler berputar pada shaft
lubricated and sealed.

Delapan buah rubber pad digunakan secara berpasangan pada masing-masing roller frame, rubber pad dipasang pada bagian atas dari masing-masing major bogie. 4 lainnya dipasang pada bagian bawah roller frame yang sejajar dengan pads yang terpasang pada major bogie, fungsi pad ini adalah membatasi pergerakan keatas dari major boogies dan juga berfungsi untuk menyerap goncangan selama unit tersebut berjalan. Seperti pada gambar berikut:

IMG 

5. Front Idler  & Track Adjuster

Komponen Front Idler  & Track Adjuster berfungsi untuk membantu menegangkan
atau mengendorkan tr dan juga meredam kejutan. Kejutan yang
diterima oleh front idler diteruskan ke recoil spring untuk diredam sehingga hal ini tidak mengakibatkan komponen lain cepat rusak seperti pivot shaft, equalizer bar rubber bogie dan lain-lain, serta membuat operator lebih nyaman dalam mengoperasikan unit.

Dengan adanya tracka djuster akan mempermudah bagi mekanik jika akan melakukan perbaikan pada komponen undercarriage. Misal jika akan melakukan penggantian track roller maka mekanik bisa mengendorkan track dari nipple adjusternya dan setelah selesai penggantian mekanik bisa mengencangkanya kembali sesuai standar pada shopmanual unit tersebut.

6. Sprocket

Komponen Sprocket ini berfungsi: Meneruskan tenaga gerak ke track, melalui bushing dan mengubah putaran menjadi gulungan pada track agar
unit dapat bergerak. 

Sprocket sendiri dibagi menjadi 2 tipe yaitu:

a). Segment type bentuknya perbagian ada 3 teeth dan mempermudah mekanik dalam melakukan penggantian, tidak perlu melepas track link.

b). Solid type berbentuk bulat dengan teeth/roda giginya berada
penuh satu lingkaran, setiap penggantian harus melepas track link.

7. Link

Link berfungsi untuk:

a). Penumpu berat unit ke landasan.
b). Tempat kedudukan pin, bushing dan track shoe.
c). Tempat persinggungan dengan roller saat crawler tractors
diam maupun bergerak. 
d). Menghubungkan dan memutuskan cawler (ada yang menggunakan master pin dan ada juga master tractors link ).

8. Track Shoe

Track shoe adalah bagia an dari undercarriage yang berfungsi
sebagai tempat persingungan dengan tanah dan alas gerak crawler.

Track shoe merupakan pembagi berat unit ke permukaan tanah ( ground pressure).

9. Equalizing Beam

Equalizing beam berfungsi untuk menahan bagian depan unit
(bulldozer, dozer shovel ) yang diteruskan ke track frame tersebut dengan ditahan oleh bracket. Bagian depan track frame dipasang pada bagian ujung equalizer bar, rangkaian ini akan membuat roller frame dapat berosilasi melalui sudut vertikal yang kecil tetapi tidak
dapat bergerak secara lateral. Sesuai kontruksinya beam ini di-
topang 3 pin, 2 pada frame kiri dan kanan dan 1 pada chasis bagian tengah yang membutuhkan perawatan greasing daily 10 jam.

Perawatan komponen undercarriage sangat penting, karena total harga komponennya sangat mahal untuk unit bulldozer bisa mencapai 60 persen dari harga unit, sedang escavator mencapai 40 persen dari harga unit. Biasanya setiap dealer penjual akan menyediakan program pemeriksaan undercarriage gratis sebagai
fasilitas dan merekomendasikan I kita untuk prepare order schedule
perawatannya.

2 comments: